halaman

Rabu, 22 September 2010

apasih beda alasan dengan sebab

kita mungkin seringkali mengartikan kalau kata "alasan" dengan "sebab" itu sama. tapi keduanya itu berbeda !!
           bebab itu biasanya digunakan apabila ada suatu masalah, masalah itu dapat kita berikan solusi yang logis, tidak mengada-ada dan dapat dipertanggungjawabkan.
           contohnya:saya adalah seorang kepala desa, suatu hari saya tidak dapat menghadiri suatu rapat di kampung, para anggota rapat sangat kecewa atas hal tersebut. Keesokan harinya saya menjelaskan apa yang terjadi kenapa saya tidak bisa hadir, saya menjelaskannya. Sehingga, para anggota rapat dapat memahaminya dengan baik. saya dapat mempertanggung jawabkan sebab saya tidak dapat hadir.
           
           alasan alasan ini biasanya digunakan untuk menutupi kesalahan dari masalah yang dihadapi atau yang diperbuat. Biasanya alasan ini tidak logis dan mengada-ada.
          contohnya : saya biasanya malas untuk belajar disekolah maupun dirumah, setiap kali orangtua bertanya "belajarlah ! biar jadi orang sukses? , tapi aku selalu menjawab "saya letih".
          sebenarnya itu merupakan suatu "alasan " yang mengada-ada. Letih itu bukan kata yang cocok.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar